Catper Arjuna Welirang

     Wilayah Jawa Timur memiliki banyak pegunungan dengan puncak di atas 3000 meter. Mulai dari Pegunungan Semeru Bromo Tengger dengan puncak Mahameru yang tertinggi di jawa, sampai gugusan gunung Argopuro, Raung dan Arjuna Welirang yang masing masing memiliki puncak lebih dari 3000 meter. Kondisi Semeru yang fluktuatif dan sering mengalami peningkatan status membuat gunung ini sering ditutup untuk pendakian. Tak ada rotan akar pun jadi, tak bisa naik ke Semeru Arjuna Welirang pun jadi.
      Rencana mulai disusun untuk pendakian Arjuna Welirang. Pengetahuan yang minim tak jadi soal, dengan hanya modal membaca beberapa catatan perjalanan yang banyak ditulis lewat blog. Dari beberapa catper yang ada, diputuskan untuk mengambil jalur Tretes. Jalur yang tersedia ada tiga, lewat Purwosari, Batu/Selecta atau lewat Tretes. Dengan mengambil pertimbangan ketersediaan jumlah air yang melimpah di Tretes.
     Perjalanan dimulai dari kota Jogjakarta menuju Surabaya. Dari terminal Giwangan Jogja dipilihlah bis ac ekonomi Sumber Kencono. Meskipun terkenal sebagai bis maut, dalam beberapa hal bis ini memang juara. Masalah waktu dan murahnya. Dengan 34 ribu kita sudah bisa duduk santai sampai di terminal Bungurasih Surabaya. Perjalanan memakan waktu sekitar 6 jam.
      Dari Surabaya kemudian lanjut perjalanan ke Pandaan dengan bus omprengan. Bus jurusan Surabaya-Malang berkisar 5ribu-15ribu. Turun di pertigaan Panda’an arah ke Tretes. Dari Pandaan kemudian kita melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan yang tersedia di siang hari, Tarif angkot (juli 2011) sekitar 6ribu. Angkot berhenti pas di depan basecamp Arjuna Welirang yang sekaligus sebagai tempat registrasi. 
       Setelah registrasi dan bayar biaya retribusi 5ribu (2011) kita bisa istirahat di tempat yang disediakan atau mau langsung berangkat. Kondisi trek dari bc sampai pos 1 cukup lumayan enak, sudah ada batu-batu yang ditata. kalau ada uang lebih bisa minta antar ojek sampai ke pas 1.

Advertisements

Published by

lewatjamtidur

A "One Piece" reader for about 10 years, MUFC suporter since child era, Yogyakarta, A Coffee, tea, and cigarette kretek addict.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s